Menulis Artikel SEO dengan Benar dan Berkualitas untuk Website - Full Stack Lombok
  • Email : info@fullstacklombok.com
  • WhatsApp : +62 852-3859-7577

Menulis Artikel SEO dengan Benar dan Berkualitas untuk Website

Satu-satunya konten yang paling dihargai dari website ataupun blog adalah artikel. Seorang bisnisman atau blogger yang paham SEO, pasti tidak segan mengeluarkan uang untuk membeli artikel yang berkualitas. Daripada Anda mengeluarkan budget lebih, alangkah baiknya jika Anda paham bagaimana menulis artikel SEO dengan benar dan berkualitas.

Tips menulis artikel SEO yang akan kami ulas kali ini merupakan hasil dari kajian yang mendalam. Sehingga Anda benar-benar bisa menerapkannya ketika ingin membuat artikel SEO yang baik dan berkualitas.

Riset Keyword Hukumnya Wajib

Kuncinya, “Tidak semua keyword dicari oleh pengguna Google. Maka dari itu, carilah keyword yang benar-benar dibutuhkan oleh khalayak umum.”

Kenapa riset keyword menjadi hal yang sangat penting dalam menulis SEO?

Karena percuma Anda menulis banyak-banyak jika ternyata keyword tersebut tidak ada yang mencari. Jika Anda ingin menulis dan menghasilkan uang dari website, maka riset keyword adalah hal yang wajib dilakukan.

Berbeda jika Anda membuat website opini atau sastra. Tanpa riset keyword pun, Anda sah-sah saja menulis apapun di website Anda. Namun jika untuk bisnis atau menghasilkan uang, maka riset keyword tidak boleh tidak Anda lakukan. Caranya gimana?

  1. Pikirkan ide Anda dan analisislah cara berpikir khalayak umum
  2. Coba pencarian di Google dan perhatikan ‘penelusuran terkait’
  3. Riset keyword di Google Trend
  4. Jika perlu, lakukan di platform lain seperti Ahrefs, Moz, ataupun Ubersuggest
  5. Cari long tail keyword untuk melengkapi tulisan Anda

Cara di atas adalah cara yang umum sekali dilakukan oleh seorang blogger dalam riset keyword. Pada dasarnya, tidak ada satu cara baku untuk riset keyword, Anda bisa lakukan dengan cara Anda sendiri. Intinya, riset keyword itu pondasi dasar dari proses menulis yang Anda lakukan.

Menulislah untuk Manusia

Sebagus apapun riset keyword yang Anda lakukan, pasti akan nonsense jika Anda tidak menulis dengan bagus. Maka dari itu, terus belajarlah menulis dan menulislah untuk memahamkan pembaca.

Sekarang Algoritma Google sudah cerdas. Ia membaca tindakan pengunjung website yang haus akan informasi. Dari aktivitas pengunjung itulah, Google menilai baik tidaknya sebuah website di mata pengunjung.

Jika pengunjung hanya membuka website saja, maka Google menganggap konten yang Anda miliki kurang berkualitas dan tidak menjawab kebutuhan pengunjung. Maka dari itu, menulislah untuk manusia.

Jangan terlalu terpaku pada aturan SEO buatan para ahli. Memang hal itu penting, namun jika tulisan Anda sukar dipahami, maka percuma juga. Jika banyak pengunjung yang hanya mampir saja di website Anda, maka Google tidak akan memprioritaskan website Anda.

  1. Bagaimana cara membuat artikel yang mudah dipahami pengujung?
  2. Buat kalimat yang mudah dipahami
  3. Jangan buat paragraf panjang (maksimal 4 baris margin standar Microsoft Word)
  4. Pastikan memuat beberapa Heading (Judul dan sub-judul)
  5. Buat beberapa poin-poin penting
  6. Jangan sengaja merumitkan kata untuk mengejar target jumlah kata

Bagaimanapun caranya, usahakan beberapa hal di atas Anda lakukan dengan baik dan konsisten. Menulis SEO itu beda dengan menulis dalam bahasa Indonesia. Karena tidak semua pengujung memiliki hobi membaca.

Pengujung hanya butuh poin yang mereka butuhkan. Mereka hanya butuh jawaban dari pertanyaan yang mereka cari. Informasi itulah yang harus Anda sajikan dengan cantik dalam artikel Anda.

Perhatikan Panduan Menulis SEO

Bagian terakhir yang harus Anda perhatikan dalam menulis artikel SEO adalah ‘jadikan tulisan Anda ramah dengan algoritma Google’.

Bagian ini sebenarnya sudah dibahas oleh banyak praktisi SEO di internet. Namun bagi kami, hal ini tidak begitu diprioritaskan. Namun tetap penting juga. Setidaknya ada beberapa teknis yang perlu Anda perhatikan dalam menulis artikel SEO, diantaranya adalah:

  1. Jumlah kata minimal 500 kata (lebih banyak lebih baik)
  2. Memuat minimal 2 Heading
  3. Buatlah anchor untuk internal link
  4. Perhatikan keyword density (pengulangan kata kunci)
  5. Buat kata kunci berada di paragraf pertama dan terakhir
  6. Jadikan beberapa heading memuat keyword utama
  7. Buatlah gambar penunjang artikel

Jika Anda adalah pengguna WordPress, Anda bisa menginstall plugin Yoast SEO untuk mengetahui seberapa baik teknis dari penulisan artikel Anda. Pastikan bisa menjadikan Yoast SEO menjadi hijau.

Namun tetap harus Anda sadari, indikator teknis ini tidaklah menjamin artikel Anda layak bersaing atau tidak. Karena Google di zaman ini sudah canggih. Google menjadikan aktivitas pengunjung organik sebagai penentu baik tidaknya kualitas konten yang website Anda miliki.

***

Pada akhir pembahasan ini kami mengingatkan hendak mengingatkan, menulis artikel SEO memang tidak gampang. Apalagi bagi mereka yang tidak hobi menulis. Namun dengan proses belajar yang konsisten, tidak mustahil setiap orang bisa menulis artikel SEO dengan baik dan tentunya berkualitas.

Related Post

Leave a Comment

Tentang Perusahaan

Full Stack Lombok adalah perusahaan yang bergerak di bidang teknologi khususnya pengembangan Website Development dan Aplikasi Mobile 

Alamat Perusahaan

Jln Raden Mas Panji Anom Pagutan Timur Krg Buaya No 13 Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat , 83117