Apa Itu Landing Page Pengertian dan Fungsi - Full Stack Lombok
  • Email : info@fullstacklombok.com
  • WhatsApp : +62 852-3859-7577

Apa Itu Landing Page? Pengertian dan Fungsi – Bagi Anda yang sudah memiliki website, tentunya tidak asing dengan istilah satu ini. Namun Apakah Anda benar-benar mengetahuinya secara detail? Bagi Anda yang akan memiliki website juga sudah sepatutnya mempelajari istilah satu ini.

Apa Itu Landing Page ?

Landing page adalah suatu halaman pada website yang dikhususkan untuk menarik konsumen, atau istilah mudahnya berguna untuk mindset marketing. Halaman ini dimunculkan ketika pelanggan mencari dengan pencarian berbayar maupun gratis.

Sebenarnya Landing Page dan Website itu sendiri adalah satu kesatuan. Namun pembuatan landing page terpisah karena berfungsi untuk memfokuskan konsumen pada tampilannya, sehingga tidak mudah teralihkan pada pilihan menu-menu yang lain.

Pada pembahasan kali ini, akan terdapat perbedaan landing page dan home page, fungsi landing page, serta jenis-jenisnya. Jadi pastikan Anda menyimak artikel ini sampai akhir ya….

Perbedaan Landing Page dan Home Page

Landing page dan home page sering dikira sama oleh banyak orang. Tentunya muncul pendapat ini juga tidak bisa disalahkan karena landing page akan muncul pertama kali ketika website di klik, sehingga similar dengan home page.

Namun sebenarnya mereka berdua sangat berbeda. Dari tujuannya, landing bertujuan untuk pengunjung terfokus pada satu pilihan, sedangkan pada home page terdapat berbagai pilihan menu atau sebagai halaman umum. Hal ini yang menyebabkan umumnya link serta tombol pada halaman landing page hanya ada satu.

Selain itu, pada home page juga terdapat navigasi yang menuju halaman penting pada situs Anda. Sedangkan pada landing page terdapat suatu navigasi serta penjelasan mengenai suatu produk dan agar pengunjung segera menyelesaikan transaksinya.

Biasanya iklan yang berbayar ini juga akan mengarah ke suatu landing page. Jadi jika diibaratkan, semua website akan mempunyai home page. Namun hanya beberapa web yang memiliki tujuan komersial yang memilki landing page.

Jadi jika dianalogikan, Landing Page adalah ruang-ruang khusus dan memfokuskan pengunjungnya pada satu titik. Sedangkan home page adalah nampak depan serta teras dari rumah itu sendiri.

Fungsi Landing Page

Landing Page ini memiliki fungsi yang penting bagi website dengan kepentingan komersional. Berikut adalah beberapa fungsi landing page yang harus Anda ketahui sebelum memilikinya.

Tempat Anda Memperkenalkan Produk

Dengan landing page, Anda tentu dapat memperkenalkan produk atau jasa yang dijual dengan semaksimal mungkin. Hal ini tentu karena tujuan utama dari halaman ini adalah untuk memfokuskan konsumen. Jadi mereka akan terfokus pada penjabaran Anda mengenai produk tersebut.

Pada landing page, informasi-informasi dari produk akan terjabarkan. Mulai dari deskripsi, keunggulan dan keunikan dari produk lain, spesfikasi harga, diskon dan voucher pembelian, testimoni pelanggan, serta call center atau costumer services yang bisa dihubungi.

Ketika menyampaikan informasi pada landing page, pastikan kata-katanya begitu jelas, singkat namun informatif dan menarik konsumen. Gunakan gaya copy writing untuk melakukannya. Jadi dengan itu konsumen akan tertarik untuk membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Mendaratkan Calon Pelanggan

Sesuai dengan namanya, landing page berfungsi untuk mendaratkan calon pelanggan pada produk yang sedang ditawarkan. Hal ini karena fungsi spesifik dari landing page sehingga pelanggan akan fokus pada halaman khusus tersebut.

Berkaitan dengan fungsinya untuk mendaratkan calon pelanggan, maka Anda harus meletakkan kata-kata persuasif atau membujuk konsumen agar membeli produk atau jasa yang ditawarkan. Selain itu, pastikan dengan kata-kata Anda, konsumen tergerak untuk segera membeli produk atau jasa tersebut.

Mempercepat Transaksi Dari Calon Pelanggan

Tidak kalah pentingnya, landing page juga memiliki fungsi untuk mempercepat transaksi dari calon pelanggan. Hal ini karena dengan adanya spesifikasi harga serta rincian apa yang akan didapatkan, pelanggan dapat segera memesan tanpa perlu banyak bertanya.

Selain itu, pada landing page juga terdapat fitur call center atau nomer yang dapat dihubungi, atau bahkan tahapan untuk melakukan transaksi pembelian. Jadi tentunya pelanggan tinggal klik dan transaksi akan terjadi secara cepat dan tidak ribet.

Jenis-Jenis Landing Page

Setelah mengetahui fungsi dari landing page, Apakah Anda sudah tertarik untuk memilikinya? Namun pastikan mengetahui jenis-jenisnya agar dapat disesuaikan dengan kebutuhan produk atau jasa yang akan Anda tawarkan. Berikut adalah penjelasan dua jenis dari landing page:

Lead Generation Landing Page

Landing page jenis satu ini berfungsi untuk mengumpulkan data pelanggan serta untuk membuat engangement atau keterkaitan dengan pelanggan dalam waktu yang lama. Ciri mudahnya adalah ketika suatu landing page terdapat forum isian nama dan email untuk mengirim promo serta diskon menarik di kemudian hari.

Biasanya yang menerapkan Landing Page jenis satu ini adalah bisnis komersial yang sudah besar serta digunakan untuk pembelian yang cukup banyak.

Click Through Landing Page

Landing page jenis satu ini berbeda dari satunya, dimana memiliki fungsi untuk menggiring konsumen untuk segera membeli produk atau jasa yang ditawarkan. Pada halaman ini, tombol navigasinya begitu terbatas sehingga pengunjung tidak akan dengan mudah teralih perhatiannya.

Contoh Landing Page kerupukhusna.com

Related Post

Leave a Comment

Tentang Perusahaan

Full Stack Lombok adalah perusahaan yang bergerak di bidang teknologi khususnya pengembangan Website Development dan Aplikasi Mobile 

Alamat Perusahaan

Jln Raden Mas Panji Anom Pagutan Timur Krg Buaya No 13 Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat , 83117